Makin Canggih dengan Startup Kecerdasan Buatan Indonesia

Kecerdasan buatan sedang menjadi bintang dalam perkembangan teknologi yang digunakan oleh manusia. Mungkin kamu mengenali teknologi ini dari film atau serial TV yang berlatar cerita di masa depan. Sekarang, teknologi ini pun sedang naik daun di Indonesia dan ini adalah 3 di antaranya,

Snapcart

Snapcart merupakan aplikasi seluler yang memberikan cashback kepada pembeli dengan memindai tanda terima mereka. Ketika pengguna memindai struk pembelian, snapcart mengumpulkan data pembelian, menganalisis, dan menawarkan ke merek yang menjadi pelanggan secara real time.

Didirikan pada 2015, Snapcart bertujuan untuk menjadi perusahaan solusi data offline paling andal, bekerja dengan klien di berbagai sektor, mulai dari riset pasar hingga pemasaran dengan total pasar gabungan yang dapat ditangani lebih dari 500 miliar dolar AS di seluruh dunia. Snapcart saat ini beroperasi di 4 negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin: Indonesia, Filipina, Singapura dan Brasil.

Kata.ai

Kata.ai merupakan sebuah startup penyedia kecerdasan buatan (AI) yang berupa robot percakapan (chatbot) berbahasa Indonesia dan telah digunakan oleh beberapa perusahaan lokal. Dengan ini, menjawab pertanyaan pelanggan menjadi lebih mudah karena ternyata pertanyaan yang ajukan relatif sama.

Nodeflux

Startup keren yang satu ini dirintis pada tahun 2016 dan telah membantu menyukseskan berbagai macam event berskala internasional di Indonesia. Nodeflux merupakan sebuah program kecerdasan buatan yang diciptakan untuk mengenali wajah, plat nomor kendaraan, dan menghitung jumlah kendaraan dari video CCTV.

Begitu futuristik, Nodeflux telah membantu menyukseskan Asian Games 2018 dan IMF World Bank Group Annual Meeting 2018 serta membantu kepolisian dalam mendeteksi kendaraan yang keluar masuk dalam acara tersebut.

Kebanyakan teknologi kecerdasan buatan ini digunakan untuk memperkuat sistem keamanan dan untuk membantu customer service dalam menjawab pertanyaan customer. Manfaat yang disarankan adalah mempermudahmu untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan terkait produk yang kamu gunakan. Tidak hanya itu, kecerdasan buatan juga akan menyimpan data yang dapat digunakan untuk keperluan produk atau marketing.

Indonesia memang adalah tempat dimana banyak startup bertumbuh. Banyak ide dan inovasi kreatif membuat berbagai startup baru muncul. Tidak terkecuali selain startup diatas, ada juga startup yang saat ini lumayan berkembang yaitu Cakap.com. Startup yang berkembang didunia edutech ini dikenal luas karena bergerak dibidang pendidikan khususnya bahasa asing yang dapat dipelajari secara online. Cakap hadir untuk memberikan solusi belajar online dengan metode yang fleksibel dan waktu yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *