Cara Menghitung Porsian Menu untuk Nasi Kotak

Dalam proses pengerjaan catering nasi kotak Jakarta kamu harus menyesuaikan menu dan segala kelayakan makanan nasi kotak itu sendiri. Dalam menentukan kelayakan dari nasi kotak bisa dilihat dari ukuran kotakan sampai menu makanan.

Jasa catering nasi kotak biasanya menyediakan porsian yang sederhana sampai porsian lengkap, tetapi banyak pula jasa nasi kotak yang bermain dengan porsian makanan kotakan sehingga membuat nasi kotak tersebut kurang layak dinikmati.

Bagaimana cara menentukan jenis kotakan yang sesuai sampai menentukan porsi bahan baku yang sesuai dengan kotakan. Harga dan juga menu dari nasi kotakan prinsipnya sangatlah penting untuk menentukan jenis kotakan apa yang akan dipakai.

Tips pertama ialah kamu harus menentukan ukuran dari kotakan, biasanya terdapat 3 ukuran yaitu 18×18 , 20×20 hingga ukuran terbesar yaitu 22×22. Semua jenis kotakan ini adalah yang paling umum dipakai, seperti yang sudah dikatakan harga dan banyaknya menu akan sangat mempengaruhi jenis ukuran kotakan yang akan dipakai.

Tips kedua ialah mengetahui porsian bahan baku dari mulai potongan ayam, daging, dan lainnya. Nasi box ayam bakar yang ideal ialah yang potongan ayam atau dagingnya tidak kekecilan. Berikut ini beberapa contoh ukuran bahan baku yang ideal untuk digunakan.

  • 1 Liter beras bisa untuk 10 cetakan nasi untuk nasi kotak
  • 1 kg ayam bisa untuk 12 potong ayam untuk nasi kotak
  • 1 kg daging bisa untuk 20 porsi nasi kotak
  • Untuk sayuran dan tumisan kamu bisa menyesuaikan, semisal untuk porsian 100 kotak dibutuhkan mix sayuran 5kg
  • Kerupuk udang yang biasa di pakai juga bisa disesuaikan keperluan

Tips terakhir ialah bagaimana cara memasak supaya tidak cepat basi, karena biasanya saat membuat lebih dari 100 nasi kotak, nasi bisa jadi kurang fresh dan cepat basi. Oleh sebab itu, tingkat kematangan saat memasak nasi kotak harus diperhatikan. Usahakan jangan memasak sayuran sampai terlalu matang, dan untuk makanan yang bersantan sebaiknya dipisah supaya tidak cepat basi.

Itudia tadi beberapa cara menghitung porsian untuk menu  catering nasi kotak dan menjaga kelayakan dari nasi kotak. Semoga bermanfaat untuk kamu yang akan memulai bisnis nasi kotak ataupun yang sedang menjalankannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *