5 Film Bahasa Asing yang Paling Dijagokan di Piala Oscar 2019

Musim penghargaan film dan serial televisi sudah dimulai. Salah satu ajang penghargaan yang paling ditunggu adalah Piala Oscar ke-91 atau 91st Academy Awards. Bagi kamu penggemar film asing, jangan sampai ketinggalan dengan 5 film berbahasa asing (selain Inggris) yang paling dijagokan untuk Piala Oscar nanti.

Roma (Meksiko)

Roma adalah film drama Meksiko-Amerika tahun 2018 yang ditulis dan disutradarai oleh Alfonso Cuarón. Berlatar di tahun 1970 dan 1971, Roma, ymerupakan semi-otobiografi tentang pengasuh Alfonso Cuarón di lingkungan Colonia Roma, Mexico City. Dibintangi Yalitza Aparicio dan Marina de Tavira, film ini mengikuti kehidupan pengurus rumah tangga keluarga kelas menengah.

Roma telah menerima sejumlah penghargaan, di antaranya 10 nominasi di 91st Academy Awards — termasuk Film Terbaik, Film Berbahasa Asing Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik (Yalitza Aparicio) dan Aktris Pendukung Terbaik (Marina de Tavira).

Shoplifters (Jepang)

Shoplifters (Bahasa Jepang: 家族—Manbiki Kazoku—Shoplifter Family) adalah film drama Jepang yang disutradarai, ditulis, dan diedit oleh Hirokazu Kore-eda. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga yang bergantung pada mengutil untuk mengatasi kehidupan yang miskin.

Film ini ditayangkan perdana pada 13 Mei 2018 di Festival Film Cannes, di mana Kore-eda memenangkan Palme d’Or. Film ini juga dinominasikan untuk Penghargaan Academy Awards untuk Film Berbahasa Asing Terbaik dan dinominasikan untuk Golden Globe Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Never Look Away (Jerman)

Never Look Away (Bahasa Jerman: Werk ohne Autor—Work Without Author) adalah film drama asal Jerman yang dirilis pada tahun 2018 dan disutradarai oleh Florian Henckel von Donnersmarck. Film ini terinspirasi oleh kehidupan pelukis Jerman, Gerhard Richter, yang melihat film itu sebagai “pelecehan dan penyimpangan yang sangat besar” dalam biografinya

Berkisah tentang Kurt Barnert seorang siswa seni yang hidup di Jerman Timur era pascaperang. Dia jatuh cinta dengan sesama siswa, Ellie Seeband, tetapi ayah Ellie, Profesor Carl Seeband, menentang hubungan mereka. Konflik muncul ketika peran Carl dalam program eugenika (pembersihan ras) oleh Nazi diketahui.

Girl (Belgia)

Girl adalah film drama Belgia yang disutradarai oleh Lukas Dhont, ditulis oleh Dhont dan Angelo Tijssens, dan dibintangi oleh Victor Polster. Film ini terinspirasi oleh Nora Monsecour, seorang penari transpuan dari Belgia. Film ini terpilih sebagai entri Belgia untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di 91st Academy Awards.

Birds of Passage (Kolombia)

Birds of Passage (Bahasa Spanyol: Pájaros de verano) adalah film yang disutradarai oleh Ciro Guerra dan Cristina Gallego. Film ini terpilih sebagai entri Kolombia untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di 91st Academy Awards. Menceritakan tentang naik turunnya keluarga Wayuu selama hari-hari awal perdagangan obat terlarang di Kolombia.

Film berbahasa non-Inggris memang selalu menarik untuk diperbincangkan dan tahukah kamu bahwa film jenis ini sangat cocok untuk membantumu belajar bahasa Inggris? Menonton film asing menuntutmu untuk memahami subtitel berbahasa Inggris karena jarang yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Jadi, ini merupakan kesempatan terbaik untuk belajar kosakata bahasa Inggris dengan lebih mendalam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *